Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Masa Hidup Individu dalam Populasi

Bahan Ajar Ekologi
Rizki, S.Si., M.P.

Suatu populasi dengan presentase individu yang besar pada usia reproduksi yang prima (atau sedikit lebih muda) akan tumbuh secara proporsional, lebih cepat dibandingkan dengan populasi yang memiliki struktur umur yang condong ke arah individu yang lebuh tua. Suatu ciri demografik penting yang berhubungan dengan struktur umur adalah waktu generasi, yaitu rata – rata rentang waktu antara kelahiran suatu individu dengan kelahiran keturunannya
Tumbuhan anual 

Tumbuhan anual sering disebut juga tumbuhan yang hanya berumur satu tahun karna tumbuhan ini rata-rata hidupnya hanya 1-8 bulan saja tergantung llingkungannya. pada tumbuhan daerah gurun fase hidupnya bisa 1 tahun atau 8 bulan dan ada berumur sangat pendek seperti Boerrhavia repens yang terdapat di daerah gurun sahara, Zea mays yang berumur 3-4 bulan.
Zea mays L.

Tumbuhan anual ini disebabkan karena jaringan maristem skunder yang ada tidak dapat mereproduksi jaringan kayu. Hal ini disebabkan karna kekurangan nutrisi sehingga tumbuhan ini tidak dapat tegak dan menyesuaikan diri pada kondisi ekstrim seperti curah hujan yang sangat tinggi dan pada kemarau panjang. Tumbuhan anual ini merupakan tumbuhan herba. Contohnya yaitu jagung, padi dll.

Tumbuhan binual 

Tumbuhan binual merupakan tumbuhan yang fase hudupna rata-rta memiliki umur 2 tahun dan tumbuhan binual juga termasuk tumbuhan herbaceus. Padatumbuhan binual pada tahun pertama hanya terjadi perkembangan organ vegetatifnya saja dan pada tahun kedua tumbuhan jenis ini melakukan reproduksi dan dikuti kematian. Contohnya: wortel, saledri, kol dll 

Daucus carota
Tumbuhan parenial 

Tumbuhan jenis ini dapat hidup selama 20 – 30 tahun meskipun ada jenis pengecualian yang dapat hidup 400 – 800 tahun. Tumbuhan ini mati dan kembali ke sistem perakaran pada akhir masa pertumbuhan. Sistem perakaran menjadi berkayu tetapi bagian diatas tanah adalah herbaceus. Mereka memilki juvenil (anakan), masa vegetatif 2 – 8 tahun kemudian berkembang dan bereproduksi secara periodik 2 – 3 tahun sekali atau hanya sekali pada akhir masa hidupnya. Karena mereka kehilangan lingkaran tahunnya maka sedikit dari tumbuhan ini yang kelihatan telah tua dan untuk menentukan usianya dapat dengan cara menghitung daun-daun yang luka atau berparut-parut atau dengan menduga-duga laju penyebaran gerombolnya.

Metroxylon sagu
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer