Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Efisiensi Transpirasi


Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Jenis tumbuhan yang berbeda memerlukan jumlah air yang berbeda pula untuk pertumbuhannya. Perbandingan antara produktivitas bersih dengan air yang ditranspirasikan merupakan efesiensi transpirasi dari tumbuhan. Biasanya dinyatakan sebagai berat air yang ditranspirasikan dalam gram untuk menghasilkan 1 gram berat organik kering. Misalnya, efesieni transpirasi dari gandum adalah 507, kentang 408, dan tanaman di daerah kering 250.
Transpirasi adalah suatu proses kehilangan air dalam bentuk uap air pada suatu tumbuhan melalui stomata. Kemungkinan kehilangan air ini dapat juga melalui selain stomata, namun demikian, karena proporsi kehilangan air yang paling banyak adalah melalu stomata, maka penghitungan transpirasi hanya pada uap air yang hilang melalui stomata. Umumnya, traspirasi terjadi sepanjang tumbuhan hidup. Sebagai contoh, pada tanaman jagung, tanaman membutuhkan air sebanyak 225 kg yang ditranspirasikan untuk menghasilkan 1 kg bobot kering tanaman

Lanjutkan ke:
  1. Masuknya air dalam tumbuhan (Klik di sini)
  2. Laju Kehilangan Air (Klik di sini)
  3. Kekurangan dan kelebihan Air (Klik di sini)
  4. Efisiensi Transpirasi (Klik di sini)
  5. Adaptasi Tumbuhan terhadap kekurangan dan kelebihan Air (Klik di sini)
  6. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah (Klik di sini)
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer