Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

TANAMAN KACANG-KACANGAN


Rizki, S.Si., M.P.

Vigna radiata
Tanaman kacang-kacangan tergolong dalam kerabat dekat tanaman polong-polongan (Fabaceae) tumbuhan dikotil,memiliki ukuran relatif besar,banyak mengandung protein,karbohidrat,folat dan besi.

Jenis-Jenis Tanaman kacang-kacangan antara lain:

Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogeae L)

Kacang tanah (Arashis hypogeae L).Tanaman kacang tanah tergolong kedalam famili fabaceae, memiliki sistem morfologi perakaraan tunggang dan berbintil (nodul), batang berukuran pendek, berbuku dan tunggal, bentuk daun majemuk dan memiliki polong yang tumbuh didalam tanah. tanaman ini berasal dari Negara Brazillia, Amerika Selatan, dan kacang tanah di Indonesia merupakan tanaman terpenting ke-dua (2) dalam jenis kacang-kacangan setelah kedelai. Kondisi iklim Indonesia yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman ini menjadikan tanaman mudah sekali beradaptasi, berdasarkan informasi pasar terkini untuk harga kacang tanah kupas kering berkisar Rp.17.000-Rp.18.000 dan untuk kacang tanah basah berkulit Rp.8000.-Rp.9000, hal ini menjadi prospek budidaya kacang tanah cukup menjanjikan untuk dibudidayakan.
Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiate L.)

Kacang Hijau (Vigna radiata L).Tanaman kedelai tergolong famili fabaceae,akar tunggang,batang tegak,bulat,berbulu,daun terdapat tiga (3) helai daun yang letak berselingan,bunga muncul pada batang dan tersusun pada tandan,sistem penyerbukan sendiri dan buah kacang hijau berbentuk polong. Tanaman kacang hijau merupakan tanaman palawija terpenting ketiga setelah tanaman kedelai dan tanaman kacang tanah,dan merupakan sumber nabati hayati tertinggi jenis suku polong-polongan. Pembudidayaan kacang hijau memerlukan pemeliharaan yang intensif untuk menghasilkan biji kacang hijau yang berkualitas dan bermutu baik.

Tanaman Kedelai (Glycine max L.)

Kedelai (Glycine max L).Tanaman kedelai tergolong famili fabaceae, memiliki sistem perakaran tunggang,batang berkambium, tumbuh merambat,daun tunggal dan bentuk daun bertiga (trifoliate),buah kedelai berbentuk polong,bunga sempurna (setiap bunga memiliki alat kelamin jantan dan betina). Kandungan sumber protein nabati yang tinggi kaya vitamin B, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan serat. Tinggi permintaan pasar terhadap hasil olah berbahan baku kedelai menjadikan biji kedelai mempunyai harga yang terbilang tinggi berkisar 6000-7000/kg untuk biji kedelai kering ini yang kemudian menjadikan budidaya tanaman kedelai menjadi prospek bisnis budidaya cukup menjanjikan.

Lanjutkan ke:

Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer