Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Bahaya Perkembangan Bioteknologi


Rizki, S.Si., M.P.

Bahaya perkembangan bioteknologi 
  1. Munculnya senjata biologis, Perkembangan biteknologi bukan hanya berdampak positif terhadap kesejahteraan manusia, adanya teknik-teknik rekombinan gen, memungkin kan dibuat dan dikembangkannya organisme-organisme yang dapat merugikan manusia. Senjata biologi yang memanfaatkan organisme hidup ini jauh lebih membahayakan dari senjata kimia, senjata kimia memiliki batasan atau jarak radiasi, sedangkan senjata biologi yang dibuat dari organisme hidup dapat menyebar kewilayah yang sangat luas 
  2. Memunculkan organisme strain yang tidak diinginkan, Proses penelitian “try and error” memungkinkan munculnya organisme yang tidak diinginkan, misalnya terjadi mutasi pada organisme yang dijadikan sampel penelitian, atau bisa juga dari hasil rekombinan DNA didapatkan organisme baru yang patogen 
  3. Mengganggu keseimbangan lingkungan, Perkembangan bioteknologi juga dapat mengganggu keseimbangan lingkungan, misalnya dalam rantai makanan. Genetic Modified Organism (GMO) atau produk rekayasa genetika seperti dirakitnya tanaman tahan hama, menyebabkan terganggunya kehidupan spesies lain, karena hama tanaman yang menjadi makanan spesies tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi. Terganggunya rantai makanan ini menyebabkan punahnya spesies lain dan spesies lainnya. Tanaman hasil rekayasa genetika memungkinkan juga mencemari genetik tanaman lainnya. Karena serbuk sari tumbuhan yang telah direkayasa gennya dapat membuahi tanaman varietas lokal (pencemaran genetik) 
  4. Agama, Hukum dan norma-norma,  Basa DNA organisme hidup terdiri dari adenin, guanin, timin dan sitosin (A, G, T, C), kesamaan molekul DNA tiap organisme hidup ini memungkinkan dilakukannya proses transfer fragmen DNA dari satu organisme ke organisme lainnya. Pengabungan molekul-molekul DNA ini masih banyak diperdebatkan oleh pemuka-pemuka agama dengan ahli-ahli molekular dunia. Karena para pemuka agama berpendapat bahwa rekayasa gen bertentangan dengan kodrat suatu organisme hidup. Pertentangan tersebut semakin tidak berujung setelah dipublikasinya produk hasil kloning, yaitu kloning domba doli. Tidak semua negara dapat menerima produk hasil kloning, apalagi kloning yang dilakukan pada manusia.
  5. Untuk mengatasi pesoalan bioteknologi ini dibuatkah sebuah komisi etik yang bertugas mengasawasi produk-produk bioteknologi.





loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer