Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Classis Coniferinae


Strobilus Jantan Pinus mercusii

Pembimbing: Rizki, Si.Si., M.P.

Ciri-ciri Classis Coniferinae yaitu:

Beberapa coniferales adalah semak rendah, tetapi umumnya pohon, bentuk dapat sangat besar dan biasanya selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Struktur batang sama dengan dikotil.Kebanyakan dioecious tetapi banyak pula yang monoecious dan sedikit yang strobilinya biseksual 

Classis ini terdiri dari beberapa familia yaitu: familia Taxaceae, Familia Podocarpaceae, Familia Araucariaceae, Familia Cephalotaxaceae, Familia Pinaceae, Familia Taxodiaceae, dan Familia Cupressaceae 
  1. Pohon berkayu
  2. Strobilus berbentuk conus
  3. Daun berbentuk jarum dan berkelompok berupa sisik
  4. Daun atau sisik tersusun spiral
  5. Sisik dan braktea lepas
  6. Tiap sisik dengan 2 biji bersayap
  7. Strobilus janta dan betina umunnya dalam satu pohon
  8. Strobilus jantan lebih kecil dari strobilus betina (berkayu) dan terletak aksilaris
  9. Penyerbukan dan penyerbukan biji dengan bantuan angin
  10. Serbuk sari dengan dua gelombang udara
  11. Kotiledon banyak
  12. contoh speciesnya Pinus merkusii
Strobilus betina dan jantan Pinus mercusii
Manfaat Pinus sp 

1. Flavonoid dan vitamin C 

Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus sarat akan antioksidan, yaitu flavonol dan bioflavonoid. 

Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi suplemen diet. Pycnogenol juga digunakan sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia. 

2. Mengurangi stres 

Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari mampu menurunkan stres. Jika di daerah Anda sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi. 

3. Sembuhkan bronchitis 

Kemampuan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas, dan ronchitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut. 

4. Redakan nyeri otot 

Minyak pinus juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang nyeri otot. Namun pilih minyak pinus P. Pinaster, bukan Scotch pinus (P.sylvestris). Scotch pinus bisa membuat kulit iritasi.  http://infoherbalis.com/2016/09/manfaat-pohon-pinus-bagi-kehidupan-manusia.html 

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer