oleh: Akri Yegi, Rizki dan Siska Nerita
Tabel 1. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif
TAHAP
|
TINGKAH LAKU GURU
|
Tahap 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang akan dicapai pada kegiatan
pelajaran dan menekankan pentingnya topik yang akan dipelajari dan memotivasi
siswa belajar.
|
Tahap 2
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan
demonstrasi atau melalui bahan bacaan.
|
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok
belajar dan membimbing setiap kelompok agar melakukan transisi secara efektif
dan efisien.
|
Tahap 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan
tugas mereka.
|
Tahap 5
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau
masing-masing kelompok mempresentasikanhasil kerjanya.
|
Tahap 6
Memberikan penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar
individu dan kelompok.
|
Menurut Trianto (2010: 66), langkah-langkah model pembelajaran kooperatif terdiri dari 6 (enam) fase, yaitu:
Tabel 2. Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif
Fase-fase
|
Perilaku Guru
|
Fase 1: Present goal and set
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa.
|
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran
yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase 2: Present information
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi
kepada siswa dengan jalan demostrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase 3: Organizer student into learning teams
Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok kooperatif
|
Guru menjelaskan kepada siswa
bagaimana caranya membentukan kelompok belajar dan membantu
setiap kelompok agar melakukan transisi yang efisien.
|
Fase 4: Assist team work and study
Membimbing kelompok
bekerja dan belajar
|
Guru membimbing
kelompok-kelompok belajar pada saat
mereka mengerjakan tugasnya.
|
Fase 5: Test on the materials
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang
materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil kerjanya.
|
Fase 6: Provide recognition
Memberikan penghargaaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai
baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
Lebih lanjut Riyanto (2009: 267), menyatakan ada 5 langkah-langkah umum pembelajaran kooperatif (sintaks), yaitu:
- Memberikan informasi dan menyampaikan tujuan serta skenario pembelajaran.
- Mengorganisasikan siswa/peserta didik dalam kelompok kooperatif.
- Membimbing siswa untuk melakukan kegiatan/berkooperatif.
- Melakukan evaluasi.
- Memberikan penghargaan.
Lanjut ke.... silahkan klik sub topik berikut ini
loading...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar