Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif


oleh: Akri Yegi, Rizki dan Siska Nerita

Rusman, (2011: 211) menyatakan ada 6 (enam) langkah-langkah pembelajaran kooperatif, yaitu:











Tabel 1. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif
TAHAP
TINGKAH LAKU GURU
Tahap 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang akan dicapai pada kegiatan pelajaran dan menekankan pentingnya topik yang akan dipelajari dan memotivasi siswa belajar.
Tahap 2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui bahan bacaan.
Tahap 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membimbing setiap kelompok agar melakukan transisi secara efektif dan efisien.
Tahap 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Tahap 5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikanhasil kerjanya.
Tahap 6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

Menurut Trianto (2010: 66), langkah-langkah model pembelajaran kooperatif terdiri dari 6 (enam) fase, yaitu: 

Tabel 2. Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif
Fase-fase
Perilaku Guru
Fase 1: Present goal and set
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase 2: Present information
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demostrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase 3: Organizer student into learning teams
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana  caranya  membentukan kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi yang efisien.
Fase 4: Assist team work and study
Membimbing kelompok bekerja  dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok  belajar pada saat mereka mengerjakan tugasnya.
Fase 5: Test on the materials
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase 6: Provide recognition
Memberikan penghargaaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

Lebih lanjut Riyanto (2009: 267), menyatakan ada 5 langkah-langkah umum pembelajaran kooperatif (sintaks), yaitu: 
  1. Memberikan informasi dan menyampaikan tujuan serta skenario pembelajaran. 
  2. Mengorganisasikan siswa/peserta didik dalam kelompok kooperatif.
  3. Membimbing siswa untuk melakukan kegiatan/berkooperatif. 
  4. Melakukan evaluasi. 
  5. Memberikan penghargaan.

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer